top of page

Cara Menghilangkan Noda Cat Pada Ubin

Diperbarui: 30 Agu 2021

Tidak selamanya dinding rumah kita akan bertahan indah, oleh sebab itu perlu untuk kita mengecat ulang dinding rumah. Mengecat dinding rumah tentunya gampang-gampang susah. Mengapa demikian? Jika tidak berhati-hati, maka cat akan mengotori tempat-tempat yang tidak seharusnya terkena cipratan atau tumpahan cat. Dan yang paling sering terkena cipratan meski kita telah berhati-hati ialah ubin.

Tumpahan cat yang ada di ubin tentu akan mengurangi keindahan dari ubin itu sendiri. Ubin akan terlihat kotor dan tidak enak dipandang. Lalu bagaimana cara menghilangkan noda cat pada ubin yang aman tanpa harus takut meninggalkan goresan? Ada banyak cara untuk menghilangkan noda cat pada ubin tanpa harus meninggalkan bekas goresan yang semakin memperburuk tampilan lantai rumah kita. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan noda cat yang ada pada ubin lantai rumah kita.


Metode 1 : Gosok!

Jika cat yang telah kering di ubin tampak ulit dibersihkan, gunakan alat kape terlebih dahulu. Kape adalah alat dengan bentuk menyerupai spatula yang banyak dijual di toko-toko bangunan. Mulai lah menggosok di area yang tidak terlalu mencolok terlebih dahulu, dibagian pinggir ubin dekat tembok misalnya. Pegang kape dengan sudut 45 derajat, kemudian kikis cat dengan perlahan dan hati-hati. Jika yang telah dikerjakan tersebut tidak merusak ubin dan glasir, lanjutkan menggosok cat pada ubin dengan kape secara percaya diri.

Selain menggunakan kape, menghilangkan noda cat pada ubin juga dapat menggunakan amplas. Basahi ubin yang terkena noda cat terlebih dahulu, baru kemudian gosok menggunakan amplas. Setelah selesai menggosoknya, basahi lap bersih dengan air, kemudian bersihkan ubinnya. Gosok dan lap sampai noda cipratan cat pada ubin itu menghilang. Jika terdapat beberapa noda cat yang sulit untuk dihilangkan, jangan dipaksakan dan coba atasi dengan cara atau metode kedua berikut ini.


Metode 2 : Panaskan dan Gosok

Heat gun atau pistol uap panas dapat membantu melonggarkan cat yang kering. Panaskan ubin dengan menggunakan heat gun sambil terus digerak-gerakkan untuk menghindari kehangusan. Lakukan sampai tekstur cat berubah menjadi lebih lembut dan agak lengket. Setelah itu, gunakan bantuan kape dan pegang kape pada sudut 45 derajat. Angkat noda cat yang telah berubah menjadi lembut itu menggunakan kape. Lakukan mulai dari tepi luar dan kemudian masuk kebagian dalam.

Seringkali, cat akan dapat terangkat dengan cepat dan mudah, namun bersabarlah saat berada di area sulit seperti pada tikungan. Jika sudah, bersihkan permukaan ubin secara berskala dengan menggunakan lap bersih yang dibasahi air. Ulangi prosedur pengikisan menggunakan uap panas dari heat gun sampai semua cat pada ubin benar-benar menghilang.


Metode 3 : Gunakan Bahan Penghilang Cat

Metode yang ketiga yaitu gunakan bahan penghilang cat seperti menggunakan thinner. Yang harus dilakukan pertama yaitu bersihkan ubin yang terkena noda cat dengan pembersih rumah tangga atau larutan cuka yang dicampur air dengan perbandingan 50 : 50. Kemudian bersihkan dengan kain yang dibasahi air untuk menetralkan permukaan ubin. Jangan lupa kenakan kacamata dan juga sarung tangan untuk memberikan perlindungan terhadap diri sendiri.

Di area yang tidak mencolok, uji kemampuan ubin dalam menangani thinner A atau thinner B atau thinner A Special. Dengan menggunakan lap bersih, oleskan thinner. Setelah itu, kikis cat dengan pengikis plastik yang dipegang pada sudut 45 derajat. Lap bersih dengan remover setelah mengikisnya. Jika tidak ada kerusakan pada glasir ubin, lanjutkan ke bagian lainnya yang juga terkena noda cat. Namun, jika ada kerusakan pada glasir, proses ini dapat terus dilakukan. Hanya saja perlu mempolitur ulang ubin setelah dibersihkan.

Setelah selesai semuanya dan cat berhasil dihilangkan dari ubin. Langkan selanjutnya atau langkah akhir yaitu bersihkan ubin dengan air sabun hangat dan keringkan menggunakan lap yang bersih juga kering.


Semoga artikel ini bermanfaat!

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page