top of page

Cara Mudah Menghilangkan Bekas Cat Minyak pada Kuas

Saat akan mendekorasi rumah pasti tidak jauh jauh dari tembok dan dinding juga lantai rumah karena merupakan bagian yang penting. Melakukan pengecatan merupakan hal yang paling umum dilakukan oleh beberapa orang yang memiliki rumah dan memiliki tampilan rumah yang indah.

Tetapi banyak sekali yang melakukan pengecatan tidak melakukan persiapan sebelumnya. Oleh karena itu, sebelum mengecat perlu melakukan persiapan terlebih dahulu. Selain persiapan sebelum pengecatan, hal hal yang digunakan seperti alat dan bahan pun harus diperhatikan seperti kuas karena kuas juga berpengaruh untuk hasil yang maksimal dalam pengecatan. Kalian pasti sudah tahu kan bahwa kuas terdiri dari berbagai macam bentuk, ukuran, bahan hingga harga. Kegunaan dari kuas pun biasanya memiliki fungsi yang beragam, misalnya untuk kuas yang berbentuk bulat sedikit lancip berfugnsi untuk melakukan penegcatan yang sedikit lebih sulit, sedangkan kuas yang berbentuk persegi digunakan untuk bidang yang lebih lebar baisanya kuas bentuk ini digunakan untuk pengecatan pada bidang bidang yang datar. Lalu berdasarkan panjangnya. Lalu sudah tahukah kalian bagaimana membersihkan kuas cat minyak yang sudah terlanjur keras? Perlu diingat setelah melakukan pengecatan jangan lupa untuk membersihkan kuas. Yuk simak cara mudah menghilangkan cat minyak yang sudah mengeras pada kuas di bawah ini!!


1. Dengan menggunakan Thinner

a. Pertama, siapkan tissue atau lap bersih. Bersihkan kuas cat yang sudah mengering/ mengeras dengan mengusapkannya ke permukaan tissue atau lap bersih.

b. Kemudian siapkan thinner A cap Menorah. Untuk informasi dan pemesanan lebih lanjut Anda bisa menghubungi kami melalui laman chat di website ini, melalui email kami atau media social yang sudah kami cantumkan di website ini. Setelah kuas diusapkan di permukaan tissue atau lap bersih, bilas kuas cat minyak yang sudah mengeras tadi dengan Thinner A yang sudah anda siapkan sebelumnya. Tuangkan thinner A ke dalam wadah (bisa menggunakan ember atau mangkuk) kemudian bilas kuas berulang ulang pada wadah. Usapkan thinner A ke bagian dasar dan bagian samping kuas.

c. Usapkan kuas dengan lap bersih saat masih berada di dalam wadah yang berisi thinner A. Hal ini dilakukan agar sisa thinner pada kuas pun dapat terangkat.

d. Gunakan air hangat untuk membilasnya, saat membilas usap bulu kuas dengan jari sambil membilasnya, pastikan mengusap dengan perlahan-lahan.

e. Kemudian kibaskan kuas untuk menghilangkan sisa bilasan air, setelah itu kembalikanlah bentuk bulu kuas seperti pada semula.

f. Setelah itu, biarkan bulu kuas mengering dengan sendirinya di bawah sinar matahari, pastikan bulu kuas benar benar mengering karena jika tidak bisa membuat kuas ditumbuhi jamur apabila dibiarkan masih sedikit basah.

g. Simpan kuas di dalam wadah (kotak alat pertukangan) agar bentuk bulu kuas tidak berubah.


2. Dengan menggunakan minyak tanah

Cara ini juga termasuk cara untuk menghilangkan cat minyak pada kuas, namun dengan cara dengan menggunakan thinner lebih mudah karena thinner bisa dengan gampang ditemukan ketimbang minyak tanah.

a. Tuangkan minyak tanah ke dalam wadah yang telah di sediakan.

b. Masukkan kuas ke dalam wadah yang berisi minyak tanah, kemudian putar putar kuas dalam minyak tanah selama beberapa menit sampai cat terkelupas.

c. Kemudian, peras sisa minyak tanah dari bulu kuas dengan lap bersih atau kanebo.

d. Biarkan kuas mengering di bawah sianr matahari.

e. Simpan kuas bila sudah benar – benar mengering.


 

Easy Ways to Remove Oil Paint Traces on a Brush


When decorating the house, it is definitely not far from the walls and walls and floor of the house because it is an important part. Painting is the most common thing for some people who own homes and have a beautiful appearance.

But there are so many who do painting that they don't do any prior preparation. Therefore, before painting it is necessary to make preparations in advance. In addition to preparation before painting, things that are used such as tools and materials must also be considered such as brushes because brushes also have an effect on maximum results in painting. You already know that brushes come in various shapes, sizes, materials and prices. The use of brushes usually has a variety of functions, for example, for brushes that are round, a little taper is used to make strokes a little more difficult, while brushes that are square are used for wider areas, usually this brush is used for painting on a flat plane. . Then based on the length. Then do you know how to clean an oil paint brush that is already hard? Keep in mind that after painting don't forget to clean the brush. Let's see how to easily remove oil paint that has hardened on the brush below !!


1. By using the Thinner

a. First, prepare a clean tissue or cloth. Clean the paint brush that has dried / hardened by rubbing it on the surface of a clean tissue or cloth.

b. Then prepare thinner A cap Menorah. For more information and reservations, you can contact us via the chat page on this website, via our email or social media that we have included on this website. After the brush is rubbed on the surface of a tissue or clean cloth, rinse the hardened oil paint brush with the Thinner A that you prepared earlier. Pour thinner A into the container (you can use a bucket or bowl) then rinse the brush repeatedly on the container. Apply thinner A to the base and sides of the brush.

c. Wipe the brush with a clean cloth while it is still in the container containing the thinner A. This is done so that any excess thinner on the brush can be removed.

d. Use warm water to rinse it, when rinsing the brush bristles with your fingers while rinsing, make sure to wipe gently.

e. Then shake the brush to remove the remaining water rinse, then return the bristles to the original shape.

f. After that, let the bristles dry on their own in the sun, make sure the bristles are completely dry, otherwise the brush will grow mold if you leave it slightly wet.

g. Store the brush in a container (a carpentry toolbox) so that the bristles don't change in shape.


2. By using kerosene

This method also includes a way to remove oil paint on a brush, but by using a thinner it is easier because thinner can be found easily than kerosene.

a. Pour kerosene into the container that has been provided.

b. Put the brush in the container filled with kerosene, then rotate the brush in the kerosene for a few minutes until the paint peels off.

c. Then, squeeze the remaining kerosene from the bristles with a clean cloth or chamois.

d. Let the brush dry in the sun.

e. Save the brush when it is completely dry.

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page