top of page

Tampilkan Warna Kayu Asli, Begini Cara Finishing Kayu Natural Yang Benar

Banyak orang yang sangat mengidam-idamkan finishing kayu yang menampakan warna asli kayu. Dengan begitu keindahan warna dan serat-serat kayu akan terlihat. Walaupun permukaan kayu asli memiliki banyak cacat, seperti warna atau tekstur namun tetap banyak orang yang menyukai. Untuk melakukan finishing pada kayu bukanlah perkara yang mudah, apalagi bila anda mengingingkan warna aslinya. Warna kayu berbeda-beda walaupun sesama jenisnya begitu juga dengan serat kayu. Walaupun seperti itu warna asli pada kayu selalu menjadi tren setiap tahunnya. Karena tampilan tersebut cocok hampir semua jenis desain interior. Apakah anda sedang mencari cara untuk plitur kayu agar warna asli kayu tetap? Apa saja trik yang dilakukan untuk mempertahankan warna asli pada kayu? Simak di bawah ini terkait penjelasnya.


Produk-produk finishing yang tepat untuk tampak warna asli kayu

Apa anda tertarik melakukan finisihing dengan warna natural kayu? Finishing warna natural memiliki fungsi melindung dan mengunci permukaan kayu tanpa adanya pakaian pewarna. Artinya anda harus menggunakan produk-produk yang tepat untuk finishing kayu. Bukan hanya sekedar lapisan pernis saja tetapi juga sanding sealer. Masing-masing bahan ini memiliki peran yang penting untuk tampilan kayu seperti aslinya.

  • Menghasilkan finishing yang merata dan halus

Hasil finishing bisanya sering kali tidak merata, dikarena permukaan kayu yang masih kasar dan membuat bahan finishing hanya tebal di satu area saja. Namun bila anda menggunakan dua lapis sanding sealer lalu pernis mungkin hal tersebut tidak akan terjadi. Sanding sealer, berfungsi menutupi pori kayu. Bila anda ingin melakukan finishing pada jenis yang memiliki jenis pori-pori besar hasilnya akan tetap halus. Sehingga pernis diatasnya akan memberikan hasil lebih sempurna.

  • Tampilan finishing matte meningkatkan kesan natural

Untuk tampilan natural, finishing gloss kurang cocok untuk diterapkan. Oleh karena itu, anda perlu untuk membeli clear coat matte yang memiliki tingkat glossy yang rendah.

  • Perlindungan dua kali lipat

Adanya dua lapisan ini membuat furniture nantinya mendapat perlindungan yang jauh lebih baik. Bila anda hanya menggunakan pernis saja, maka pori-pori kayu tidak tertutup dengan baik. Sanding sealer akan menutupi pori bukan hanya sekedar meratakan permukaan. Dengan begitu pori-pori tidak akan bekerja menyerap kelembaban dan jamur hingga rayap akn dicegah pertumbuhannya.


Langkah-langkah

  1. Membuat permukaan kayu lebih halus

Tipe apapun kayu hal pertama yang dilakukan dialah pengamplasan. Karena anda menginginkan mendapatkan warna asli pada kayu, maka dari itu proses pengamplasan permunkaan menggunakan amplas no 220 terlebih dahulu. Untuk pengamplasan anda bisa memilih hand sander atau manual dan saat melakukan pengamplasan usahkan searah serat kayu. Bila anda sudah selesai proses pengamplasan anda harus membersihkan debu-debu bekas pengamplasan.

2. Memberikan lapisan dasar dan sanding sealer

Sealer dimulai dari mencampurkan dengan Thinner Menorah* dan aduk hingga benar-benar tercampur dengan rata. Setelah itu, anda kuaskan ke permukaan kayu searah dengan serat kayu. Apabila sudah anda sudah mengaplikasikan secara merata diamkan ± 60 menit dan amplas ambang kemudian. Bersihkan sisa-sisa debu pengamplasan sesudahnya.

3. Melapisi kayu dengan clear coat matte

Untuk lapisan terakhir menggunakan clear coat matte. Dalam mengapliasikan sama dengan sanding sealer. Clear coat terlebih dahulu di campurkan dengan thinner. Saat proses clear coat gunakan kuas yang masih bersih untuk meratakan cat. Arahkan kuas harus sesuai dengan serat kayu dengan begitu warna finishing kayu akan lebih rapi dan natural. Diamkan kayu selama semalaman sehingga kering dengan benar dan jangan terpapar oleh sinar matahari.


Semoga artikel ini membantu!


*Info:

* Thinner A dan Thinner A Special Menorah digunakan sebagai pelarut untuk Cat Sintetis dan Cat Duco/NC.

* Thinner B digunakan khusus untuk Cat Sintetis.

* Thinner Multi Purpose Reguler dan Multi Purpose Special digunakan khusus untuk Cat Duco/NC.

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page